You Are in The Right Hands ^_^

Foto saya
Bekasi, jati asih, Indonesia
Terapi Tumbuh Kembang Anak Hompimpa Center Merupakan suatu klinik komprehensif dengan pelayanan rehabilitatif dimana klinik tersebut dikhususkan pada pertumbuhan dan perkembangan anak secara dini serta pendeteksian dini apabila terdapat kelainan pertumbuhan dan perkembangan baik secara fisik, intelektual, masalah perilaku serta gangguan perkembangan lain pada anak seperti Autisme, ADHD ( Attention Deficit and Hyperactive Disorder), Down syndrome, Cerebral Palsy, Mental retardasi dan gangguan perilaku lainnya.

Senin, 21 Agustus 2017

ANAKKU KOK JALANNYA JINJIT?


Dear parents, apakah anda salah satu yang memiliki anak dengan kebiasaan jalan jinjit? usia sudah lebih dari 4 tahun tapi setiap berjalan selalu kok jinjit?
pada umumnya jalan jinjit itu masih wajar untuk anak sampai usia 3 tahun. tapi akan menjadi suatu masalah apabila seorang anak diatas usia tersebut atau sampai usia 5 tahun masih juga berjalan dengan berjinjit.

Anehnya, berjalan jinjit tidak hanya merupakan tanda keterlambatan perkembangan pada anak-anak. Ini juga merupakan tanda sistem vestibular yang buruk, yang terkait dengan keseimbangan dan koordinasi anak. Anda mungkin bertanya pada diri sendiri mengapa keseimbangan dan koordinasi itu penting dan mengapa ini ada kaitannya dengan pembelajaran. Jika sistem vestibular anak tidak bekerja dengan baik, kita mulai melihat gejala, seperti berjalan kaki, perilaku buruk atau tantangan belajar di kelas. Tanda-tanda ini berarti bahwa anak Anda mungkin memiliki keterputusan di otak yang mencegah mereka belajar. Kita sering melihat beberapa gejala ini pada anak autis, ADHD, Disleksia, Dysgraphia, dan Asperger's. Namun ada beberpa kasus anak yang sangat terlihat sangat sulit dan susah payah dengan jalan berjinjit yang ada hubungannya antara jalan jinjit dan masalah pada vestibular.

Dr. Stephen M. Edelson, Ph.D., baru-baru ini memposting sebuah artikel tentang jalan jinjit yang mengatakan, "Berjalan kaki mungkin secara langsung atau tidak langsung terkait dengan masalah visual-vestibular."
Jika jalan jinjit adalah masalah di rumah atau dengan siswa anda, ini adalah tanda yang memberitahu kita untuk melihat masalah belajar yang lebih besar dengan anak anda.
Jadi sekarang kita tahu jalan jinjit bisa menjadi pertanda sistem vestibular yang buruk, bagaimana kita tahu kapan hal itu mulai berdampak pada pembelajaran anak kita? Berikut adalah beberapa tanda yang mungkin Anda temukan di kelas:

         
  • Kebutuhan kacamata di usia muda, biasanya antara usia 3-6 (nampaknya menjadi masalah penglihatan).
  • Sering mengatakan "ya" atau "apa?" Seolah-olah mereka tidak mendengar instruksi yang diberikan guru.
  • Perjuangan untuk menyalin informasi dari papan tulis ke kertas mereka.
  • Apakah kesulitan melacak kata-kata untuk dibaca dan mungkin harus berkedip untuk memfokuskan kembali mata mereka pada halaman.
  • Seringkali terasa tidak seimbang, tidak terkoordinasi atau berjalan ke perabot atau meja di sekolah.
contoh kasus jalan jinjit pada anak dengan Autism 

 Apa penyebabnya?

Jalan jinjit memiliki berbagai penyebab dari sisi yang serius sampai hampir tidak berbahaya. Berikut adalah beberapa penyebab umum jalan jinjit :

Masalah Sistem Keseimbangan
Bagi beberapa anak yang berjalan di atas jari kaki mereka, telinga bagian dalamnya mungkin ada sesuatu masalah. Sistem vestibular di telinga bagian dalam bertanggung jawab untuk memberi "makan" informasi otak pada posisi dan gerakan. Jika informasi yang diberikan sistem ini tidak benar, otak bahkan mungkin tidak sadar bahwa kaki tidak berjalan dengan cara yang paling efektif. Anak-anak ini bisa dibantu dengan berbagai gerakan pada saat terapi.

Masalah Pengolahan Sensori
Sebuah Sensory Processing Disorder (SPD) juga bisa menjadi penyebab jalan jinjit. Jika anak Anda terlalu sensitif untuk disentuh, mereka mungkin menghindari penempatan tumitnya untuk menghindari tekstur atau ketidaknyamanan yang mereka alami pada berat badan mereka melawan tumit mereka. Anak-anak ini juga akan menunjukkan keengganan untuk kaus kaki, sepatu atau telanjang kaki. stimulasi pada taktil biasanya membantu anak-anak dalam kelompok ini.


Kebiasaan
Kita akan berhenti dengan salah satu penyebab yang paling mengkhawatirkan yaitu  Kebiasaan. 



Bagaimana membantu kasus berjalan jinjit?

 

Sementara banyak dokter dan profesional merekomendasikan pembedahan untuk jenis masalah tertentu ini, kita tidak terlalu melihat pada kondisi fisik jalan berjinjitnya. Masalah sebenarnya yang harus kita koreksi adalah vestibular anak untuk membantu menurunkan kondisi jalan jinjit. Lensa pembedahan atau prisma mungkin masih dibutuhkan, namun menggunakan aktivitas di rumah dan di sekolah dapat memperbaiki vestibular anak yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan anak yang lain.

Dr. Edelson, juga mengatakan, "Sistem vestibular memberikan feedback gerak tubuh dan posisi tubuh. Hal ini memungkinkan untuk mengurangi atau menghilangkan jalan jinjit dengan memberikan efek terapeutik dengan stimulasi vestibular (misalnya, diayunkan pada ayunan glider). “
Jika anak Anda rentan untuk jalan dengan berjinjit, ada latihan yang dapat membantu yang dapat dilakukan di rumah. Latihan ini tidak hanya membantu mereka berjalan dengan tumit mereka, mereka juga akan memperbaiki sistem vestibular anak Anda.

Sepatu Menyelam Sirip
Baru-baru ini saya berbicara dengan seorang ibu yang membelikan anaknya beberapa sirip scuba dan menggunakannya bersama anaknya di rumah. Dia mengatakan sangat menakjubkan bagaimana hal itu tidak mungkin bagi anak-anaknya berjalan kaki karena sirip dibuat untuk berjalan dari tumit hingga ke jari kaki. Ini memperbaiki gejala kaki anak-anaknya dengan sangat banyak.
Bermain marching
Marching dan stomping adalah gerakan yang mengharuskan seluruh kaki untuk melakukan kontak dengan tanah. keduanya juga bisa dijadikan game. Anda bisa bermain musik atau menyanyikan lagu dengan irama berbaris. Mereka bisa berada di marching band mereka sendiri atau troll yang menginjak-injak. Hal ini memancing mereka untuk berjalan dengan pola jalan yang benar.

Bukit pendakian
memanjat tebing membuat tendon dan otot teregang (stretch) dengan menjaga jari-jari kaki menunjuk ke atas. Begitu mereka berada di puncak, mereka bisa melepaskannya dan berlari kembali ke bawah, atau favorit anak-anak saya, berguling. Dengan sedikit bercak mereka juga bisa mendapatkan latihan yang sama dengan berjalan di atas slide atau tanjakan lainnya. Ini juga merupakan kegiatan hebat yang membantu mereka mengatasi jalan jinjit tanpa mereka menjadi orang yang lebih bijak. Anda bisa menjadi orang tua keren yang mendorong mereka untuk naik slide alih-alih memberi tahu mereka tidak.

Sepatu
Anda bisa membeli sepatu dengan squeakers atau roda di tumit. Bagi mereka yang suka suara berderit, mereka adalah dorongan untuk melepaskan tumit mereka ke tanah. Bagi mereka yang tidak terpengaruh oleh kebisingan, sepatu roda merupakan alternatif yang baik. Sepatu ini membutuhkan anak-anak untuk menjepit jari mereka agar tidak terguling. Hal ini membuat mereka terbiasa dengan tekanan pada tumit mereka dan juga peregangan tendon itu.

Aneka Tekstur
Untuk anak-anak dengan SPD (Sensory Processing Disorfer), Anda dapat mendorong mereka untuk berjalan di sekitar bertelanjang kaki di berbagai permukaan untuk mengekspos mereka ke tekstur yang berbeda. Atau Anda bisa membuat game. Mintalah mereka berjalan melalui tantangan tekstur dari selimut lembut sampai krim cukur yang licin. Mereka juga bisa melakukan seni dengan kaki mereka dengan sedikit cat dan kertas.

Bermain Setir mobil
Tidak pernah terlalu dini untuk mengajari mereka cara menyetir, bukan? Mengajari mereka bagaimana memegang kaki mereka sambil berpura-pura mengemudi adalah latihan peregangan lainnya. Mereka pikir mereka memainkan permainan yang menyenangkan dan mereka memiliki perhatian Anda dan Anda melakukan peran Anda untuk membantu mereka tanpa perlawanan untuk menyelesaikan latihan khusus.

sumber :http://ilslearningcorner.com/2015-12-toe-walking-doctor-attributes-toe-walking-signs-of-poor-vestibular-system/


Tidak ada komentar: