You Are in The Right Hands ^_^

Foto saya
Bekasi, jati asih, Indonesia
Terapi Tumbuh Kembang Anak Hompimpa Center Merupakan suatu klinik komprehensif dengan pelayanan rehabilitatif dimana klinik tersebut dikhususkan pada pertumbuhan dan perkembangan anak secara dini serta pendeteksian dini apabila terdapat kelainan pertumbuhan dan perkembangan baik secara fisik, intelektual, masalah perilaku serta gangguan perkembangan lain pada anak seperti Autisme, ADHD ( Attention Deficit and Hyperactive Disorder), Down syndrome, Cerebral Palsy, Mental retardasi dan gangguan perilaku lainnya.

Senin, 01 Februari 2016

TERAPI WICARA UNTUK ANAK DENGAN GANGGUAN SENSORI INTEGRASI



Gerakan motorik (untuk bicara) sangat erat kaitannya dengan informasi yang diterima melalui gerakan.
Pada pendekatan tradisional, artikulasi dan phonological terapi, dua hal dalam modalitas sensori yang paling penting adalah auditori dan visual. Dari sudut pandang berbicara adalah gerakan  telah membawa kepada hal penting pada proses sistem sensori dalam memperhalus kontrol motorik di awal perkembangan bicara. Sistem sensori  yang berkontribusi besar pada koordinasi pola gerakan untuk memproduksi bicara adalah :

Tactile system
Rasa akan sentuhan adalah modalitas dimana anak belajar tentang posisi dan berkembang pada kemampuan untuk membedakan / diskriminasi pada rangsangan taktil. Anak-anak yang memiliki masalah pada sensori integrasi bisa jadi bereaksi yang berlebihan pada perabaan yang sering disebut tactile defensive. Anak-anak lain memiliki tactile system yang tidak mampu untuk dalam hal meregister informasi disebut sensory seeking. Di lain hal informasi tidak diproses secara optimal, perencanaan gerak untuk memproduksi suara juga mungkin terkena.

Proprioceptive System
Modalitas sensori ini memberikan informasi tentang hubungan antara posisi anggota tubuh dengan anggota tubuh yang lain (contoh rahang dan lidah). Ketika anak bergerak, reseptor sensori yang berada pada otot dan sendi memberikan informasi ke otak tentang posisi, dan informasi ini berperan penting dalam perencanaan gerak untuk menghasilkan wicara. Anak-anak yang under-reactive kurang menerima input yang sesuai untuk perkembangan pada kontrol gerakan yang baik.

 Okupasi Terapi - Sensori Integrasi
Sensori integrasi diciptakan oleh Jean Ayres seorang Okupasi Terapis. Sensori Integrasi merupakan suatu proses yang terjadi di otak yang berperan dalam menginterpretasikan dan memproses informasi dari lingkungan. Proses ini mencakup : auditori (pendengaran), visual (penglihatan), indera perasa, taktil (rasa sentuhan), prorioceptive dan vestibular sistem. Anak dengan masalah pada sensori integrasi (SID / Sensory Integration Disorder) memiliki kesulitan da motorik, proses belajar dan perilaku dan memilii masalah dengan atensi, regulasi diri atau pengorganisasian. Okupasi terapi membantu anak untuk meningkatkan kemampuan proses sensori dan motorik, atensi dan organisasi menyeluruh, kemampuan bina diri (self care) dan keterampilan motorik halus.

Sumber :

Tidak ada komentar: